Sekolah Autis

ASD (Autism Spectrum Disorders) memiliki spektrum yang sangat luas mulai dari sangat ringan (mild), sedang (moderate) hingga parah (severe). Parah atau ringannya gangguan autisme sering kemudian di-paralel-kan dengan kemampuan fungsional. Menurut para ahli, anak autis dengan tingkat intelegensi dan kognitif yang rendah, tidak berbicara (nonverbal), memiliki perilaku menyakiti diri sendiri, serta menunjukkan sangat terbatasnya minat dan rutinitas yang dilakukan diklasifikasikan sebagai low functioning autism. Sementara mereka yang menunjukkan fungsi kognitif dan intelegensi yang tinggi, mampu menggunakan bahasa dan bicaranya secara efektif serta menunjukkan kemampuan mengikuti rutinitas yang umum diklasifikasikan sebagai high functioning autism.

Pendidikan seperti apakah yang sesuai untuk untuk anak autis ini? Sebagian besar lembaga pendidikan ataupun klinik terapi di Indonesia pada umumnya memfokuskan pada usaha menyamakan kemampuan fungsional anak penyandang ASD dengan kemampuan fungsional anak normal. Metode pembelajaran yang digunakan pada umumnya adalah metode terapi tertentu yang diterapkan sama untuk semua anak. Program individual (Individualized Education program) yang diberikan pada umumnya melihat kemampuan yang dimiliki anak dibandingkan dengan tingkatan kemampuan selanjutnya yang seharusnya dimiliki anak. Sebagai contoh: bila seorang anak penyandang ASD usia 8 tahun memiliki kemampuan anak umur 3 tahun, maka program yang diberikan adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh anak umur 4 tahun.

Kenyataan menunjukkan, tidak semua anak penyandang ASD terutama anak dengan low functioning autism dapat mempelajari ataupun mengejar kemampuan fungsional yang dimiliki oleh anak normal. Banyak anak mengalami kesulitan atau bahkan tidak mengalami kemajuan akibat tidak dapat mengikuti ataupun tidak cocok dengan metode pembelajaran yang diberikan. Akibatnya jarak antara umur kronologis dan umur mental pada anak penyandang ASD menjadi semakin jauh.

Untuk itu dibutuhkan kehadiran lembaga pendidikan seperti Hadiya untuk penyandang ASD khususnya bagi anak autis yang low functioning dengan fokus mengembangkan kemampuan anak penyandang ASD untuk dapat berkomunikasi, mandiri dan bekerja dengan menggunakan metode pembelajaran yang paling dapat diterima atau dipahami oleh anak.

Total Pageviews